10 Desember 2019 21:21

PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Sota Di Merauke

Tentang Sota

Sota adalah salah satu distrik di Kabupaten Merauke, berjarak kurang lebih 70km dari pusat kota Merauke, Sota merupakan titik perbatasan dengan negara tetangga kita, Papua New Guinea. Di Sota inilah terdapat titik/penanda tugu perbatasan yang merupakan petunjuk bahwa dititik inilah batas negara Indonesia dengan Papua New Guinea.

 

Penduduk

Penduduk Sota beragam suku dan agamanya, dengan mata pencaharian seperti bertani, berdagang, berternak maupun berburu.

Sota merupakan wajah Indonesia di perbatasan, Sota menyapa siapa saja warga dari negara tetangga yang akan datang ke Indonesia, biasanya mereka menjual hasil-hasil bumi pertanian seperti umbi-umbian, dan pulang membawa bahan sembako untuk kebutuhan sehari-hari di tempat mereka, sehingga pertukaran maupun jual beli dengan dengan masyarakat negara PNG sudah terbiasa dilakukan disini.

 

Kina

Mata uang Kina adalah mata uang negara PNG, dengan rate kurang lebih Rp. 3000an per 1 Rupiah.

 

PLBN

Pos Lintas Batas Negara baru beberapa bulan yang lalu mulai dibangun, menggantikan taman-taman tradisional yang sudah ada sebelumnya, dengan beberapa tempat berteduh, taman bunga anggrek dan pepohonan yang tinggi, tak lepas dari tangan dingin seorang pak Ma'ruf yang sehari-harinya mengelola perbatasan ini, mempercantiknya dengan taman dan dicat denga merah putih yang indah.

Saat ini pekerjaan pos PLBN ini sudah mencapai 90%, sebentar lagi akan selesai dan semoga nanti pada gilirannya diresmikan oleh presiden Joko Widodo.


Harapan

Dengan adanya PLBN ini diharapkan masyarakat dapat berkomunikasi dan bertukar perdagangan dengan masyarakat negara tetangga, dengan PLBN ini wajah Indonesia nanti lebih ceria, lebih megah menampilkan wujud dan muka bangsa Indonesia. Memberikan fasilitas untuk masyarakat sebagai wujud, Sota adalah Wajah Indonesia di ujung timur negara Republik Indonesia ini.

salam

Gallery

plbn sota
plbn sota
plbn sota
plbn sota
plbn sota
plbn sota
plbn sota
plbn sota
no response | Wisata
Tags: plbn sota perbatasan ri png indonesia wisata merauke
Share: / / /
    Komentar tidak ada.

Kolom Komentar

Silahkan berkomentar

Berkomentarlah dengan bertanggung jawab dan santun.

Nama anda (required)
Email anda (required)
Komentar
Pertanyaan
Jawaban (required)

Mencari sesuatu?
Berlangganan Informasi
Reservasi Iklan






Komentar Pengunjung
- Sudirman di Touring de Tomerau
Perlu informasi wisata…
Prakiraan Cuaca