28 April 2017 20:46

Pasar Buah (Tiban) RRI Merauke

Pasar Tiban (dadakan)

Di Merauke ada salah satu pasar tiban/dadakan yang terletak di depan gedung RRI (Radio Republik Indonesia) Merauke. Di pinggir jalan depan kantor inilah para penjual menjual dagangannya, yang kebanyakan berupa buah-buahan.

 

Buah Durian

 

Hari Biasa

Di hari biasa, hanya ada satu atau beberapa penjual yang berjualan disini, dan buah-buahan yang dijual karena bergantung musim menjadi bervariasi dan cenderung berbeda-beda setiap saat, bila saat banyak buah jeruk misalnya berarti sedang panen buah jeruk, demikian juga bila banyak buah Naga yang dijual, maka bisa dipastikan banyak buah Naga yang sedang dipanen oleh petani.

 

Buah Rambutan

 

Buah Yang ditunggu-tunggu

Ada saat dimana masyarakat menunggu untuk membeli buah yang banyak dinikmati. Durian, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, bagi penggemar buah ini, duri yang tajam tidak menjadi masalah untuk menikmati buah ini. Aroma dan rasanya membuat lidah ingin segera mencicipi buah Durian. 

Tahun ini, panen Durian mengalami kemunduran masa panennya, biasanya, tahun-tahun sebelumnya di Merauke banjir buah Durian sekitar bulan Februari, dan tahun ini baru mulai ada buah Durian di akhir bulan April.

Menurut penjual, tahun ini panen Durian tidak sebanyak tahun lalu, hal ini terlihat dari jumlah buah Durian yang masih di pohon yang siap dipanen tidak sebanyak tahun-tahun kemarin.

 

Pembeli sedang membeli buah Durian

 

Asal Buah Durian Merauke

Buah Durian ini didatangkan dari Mindiptana, adalah salah satu daerah di Kabupaten Boven Digoel, yang berjarak sekitar 70km dari kabupaten Boven Digoel. Dari Merauke sendiri masih berjarak sekitar lebih dari 500km. Perjalanan ditempuh kurang lebih 2 hari perjalanan, tergantung medan yang ditempuh. Kendaraan yang digunakan minimal jenis pickup double cabin berpenggerak 4 roda.

 

Harga Buah Durian Merauke

Harga buah Durian sendiri oleh pedagang ada beberapa kategori harga, yang paling kecil harga 100 ribu rupiah untuk 3 buah Durian, yang sedang sekitar 40 ribu rupiah per 1 buah Durian, dan yang berukuran besar dihargai minimal 50 ribu rupiah.

 

Jenis dan Rasa Buah Durian

Kali ini menurut beberapa pembeli, kebanyakan buah Durian berasa manis dan agak pahit, walaupun ditahun-tahun yang lalu ditemukan beberapa rasa dan tekstur yang berbeda, misalnya ada yang seperti mentega dan berwarna kuning, ada yang berasa seperti tepung, ada yang berdaging tebal, dan beberapa jenis lainnya.

 

Sedang Musim

Bulan ini tampaknya sudah mulai ada Durian dipasaran, silahkan datang ke depan gedung RRI Merauke, pilih Durian yang anda inginkan dan nikmati bersama teman dan keluarga, menikmati Durian yang katanya buah para raja. Salam.

 

Ramai pembeli

 

Gallery

durian rri
durian rri
durian rri
durian rri
durian rri
durian rri
durian rri
no response | Informasi Lain-lain
Tags: durian merauke mindiptana
Share: / / /
    Komentar tidak ada.

Kolom Komentar

Silahkan berkomentar

Berkomentarlah dengan bertanggung jawab dan santun.

Nama anda (required)
Email anda (required)
Komentar
Pertanyaan
Jawaban (required)

Mencari sesuatu?
Berlangganan Informasi
Reservasi Iklan






Komentar Pengunjung
- Sudirman di Touring de Tomerau
Perlu informasi wisata…
Prakiraan Cuaca