18 Januari 2017 22:48

Mas Hartono dan Kebun Buah Naga di Semangga 2 Marga Mulya (Semangga 40) Merauke

Mampir ke kebun
Perjalanan kali ini, kami serombongan dengan teman-teman tim teknis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke mampir ke kebun Buah Naga di Semangga 2 Merauke, awalnya kami hanya berencana mengunjugi kebun buah naga di Kurik, hanya saja kebetulan buah naganya belum siap untuk dipanen.

 

Kebun buah naga

Kebun buah naga yang kami kunjungi kali ini adalah, kebun buah naga milik mas Hartono, seorang petani buah naga yang berlokasi di Distrik Semangga, desa Semangga 2 Marga Mulya, atau orang biasa menyebut daerah ini dengan sebutan Semangga 40, karena di desa ini berjumlah kurang lebih 40 kepala keluarga.

 

Mas Hartono

Kebun mas Hartono ini memiliki luas kurang lebih 2500 meter persegi, dengan jumlah pohon buah naga berjumlah lebih dari 1000 pohon yang terdiri dari buah naga merah dan putih.

 

Mas Hartono dan buah naga

 

Kebun buah naga ini memerlukan waktu kurang lebih satu tahun untuk berbuah, bila saat berbuah seperti saat ini bisa berpuluh-puluh kilo sekali panen, dalam kesempatan kali ini kami membawa pulang lebih dari 15 kg buah naga, dengan ukuran yang besar maupun yang kecil.

 

Berkeliling di kebun

Kami mencoba berkeliling kebun di seputar rumah mas Hartono, sayangnya kami tiba di tempat ini sore hari sehingga belum memungkinkan untuk ke kebun buah naga yang lebih luas, mungkin di lain waktu.

 

Kebun buah naga di pekarangan rumah

 

Berkeliling kebun buah naga

 

Memetik buah naga sendiri

 

Pohon menunggu panen

 

Bibit buah naga

Mas Hartono juga menyediakan bibit buah naga, untuk siapa saja yang ingin menanam dan memelihara sendiri buah naga di rumah. Tersedia banyak bibit yang ditanam di koker-koker di halaman rumahnya. Bahkan disediakan juga pohon buah naga siap berbuah di pot-pot besar untuk dijual.

 

Perjalanan pulang...

Waktu sudah menunjukkan pukul 17 lebih, kami harus kembali ke kota Merauke, pegal lumayan terobati setelah kami berkendara lebih dari 150 kilometer, hingga sampai di kebun ini. Dan tentu saja oleh-oleh buah naga untuk keluarga di rumah sudah kami persiapkan. Semoga di lain waktu kami berkesempatan lagi untuk langsung memanen buah naga dari pohonnya.

 

 

 

 

Gallery

buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
no response | Agro Wisata
Tags: buah naga merauke semangga marga mulya segar alami
Share: / / /
    Komentar tidak ada.

Kolom Komentar

Silahkan berkomentar

Berkomentarlah dengan bertanggung jawab dan santun.

Nama anda (required)
Email anda (required)
Komentar
Pertanyaan
Jawaban (required)

Mencari sesuatu?
Berlangganan Informasi
Reservasi Iklan






Komentar Pengunjung
- Sudirman di Touring de Tomerau
Perlu informasi wisata…
Prakiraan Cuaca