20 Nopember 2016 22:44

Kebun Buah Naga Pak Santoso di Kurik Merauke

Rute Perjalanan

Hai pengunjung web kotamerauke.net yang berbahagia. Kali ini kami akan berwisata ke kebun buah Naga, yang terletak di daerah Kurik Merauke. Perjalanan dari kota Merauke kami tempuh selama kurang lebih dua jam perjalanan. Perjalanan dilakukan dengan santai dan menikmati perjalanan, sehingga bukan target waktu tempuh yang harus diraih.

Dari kota Merauke, rute seperti biasa melewati pasar baru, daerah Kuda Mati, jembatan Tuju Wali-Wali, kemudian ke Kuprik dan dilanjutkan dengan Semangga, hingga sampai di Tugu Moerdani. Dari arah sini kami mengambil jalan lurus, lingkar luar yang akan menghubungkan ke arah SP 7 dan SP 8.

Perjalanan kami teruskan sehingga melewati SP 9, daerah TSM, kemudian menyeberangi jembatan kembar Neto hingga sampai di tempat tujuan kami yaitu, Kurik Candra Jaya.

 

Lokasi

Kebun buah Naga yang kami kunjungi ini adalah milik dari Pak Santoso, seorang Pendeta yang ada di Kurik Candra Jaya Merauke. Kebun ini membentang di seputaran halaman rumah di kiri maupun kanan, kurang lebih hampir 200 pohon buah Naga ada disini.

 

Tentang Buah Naga

Buah Naga adalah sejenis buah Kaktus dengan marga Hylocereus dan Selenicereus, sudah mulai banyak dikembangkan di Indonesia, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

 

Kebun buah Naga

 

Saat Berbuah

Saat ini tepat bulan Nopember pohon buah Naga mulai berbuah. Terdapat beberapa varietas buah Naga yang ada disini, diantaranya adalah buah Naga yang berwarna merah dan buah Naga yang berwarna putih, oh ya ada juga buah Naga yang berwarna kuning hanya saja saat ini buah Naga warna kuning tersebut belum sedang berbuah.

 

Taman Bougenvile

 

Belajar Memetik Buah Naga

Kurang lebih sekitar enam bulan tiap musimnya buah Naga ini berbuah. Dengan rata-rata jumlah buah perbatangnya bisa mencapai dua hingga tiga buah. Ini adalah panen ketiga kali pohon buah Naga, jerih payah pak Santoso sudah membuahkan hasil, dengan pekarangan yang penuh dengan tanaman buah Naga membuat suasana lingkungan menjadi sangat indah.

 

 

Pak Santoso sedang mengajarkan cara memetik buah Naga

 

Keseruan Memetik Buah Naga

Mengunjungi kebun buah seperti ini bersama keluarga, dan anak-anak membawa keasyikan sendiri. Anak-anak dapat merasakan sensasi memetik buah Naga yang masih segar langsung dari pohonnya, melihat langsung buah Naga yang segar dan menggiurkan, membuat langsung ingin merasakan kenikmatan rasa buah Naga, manis, segar dan alami.

Oh ya, untuk bisa seperti ini tidak kurang sekitar empat tahun baru pohon buah Naga ini membuahkan hasil.

 

 

Keseruan anak-anak memetik buah Naga

 

Memetik buah Naga

 

Asyikk, berhasil memetik buah Naga

 

Bibit-Bibit Buah Naga

Pak Santoso juga menyediakan bibit-bibit buah Naga yang bisa kita beli, bila kita ingin menanam sendiri buah Naga di pekarangan rumah. Ada beberapa jenis yang sudah disiapkan.

 

Bibit-bibit buah Naga

 

Buah Nanas

Oh ya, ada beberapa tanaman lain yang juga ditanam disini seperti Nanas yang juga saat ini sedang berbuah.

 

 

Buah Nanas

 

Penutup dan Khasiat

Demikian ulasan wisata agro kami kali ini, di lain waktu kami akan mengulas wisata agro yang lain, yang ada di kota Merauke, sehingga kita semua dapat merasakan suasana kebun dengan berinteraksi dengan tanaman dan buah-buahan, sehingga akan memberikan relaksasi pikiran-pikiran yang penat dan jenuh dengan rutinitas yang ada, disamping itu mengkonsumsi buah Naga dapat memberikan manfaat yang luar biasa terhadap tubuh kita. Nggak percaya? buktikan sendiri. Salam.

 

 

Gallery

buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
buah naga
no response | Agro Wisata
Tags: kebun buah naga merauke kurik papua seru anak anak wisata agro
Share: / / /
    Komentar tidak ada.

Kolom Komentar

Silahkan berkomentar

Berkomentarlah dengan bertanggung jawab dan santun.

Nama anda (required)
Email anda (required)
Komentar
Pertanyaan
Jawaban (required)

Mencari sesuatu?
Berlangganan Informasi
Reservasi Iklan






Komentar Pengunjung
- Sudirman di Touring de Tomerau
Perlu informasi wisata…
Prakiraan Cuaca